Sunday 16 August 2015

Tanah Liat

1. Lempung atau tanah liat adalah partikel mineral berkerangka dasar silikat yang    berdiameter kurang dari 4 mikrometer. Lempung mengandung leburan silika dan/atau  aluminium yang halus. Unsur-unsur ini, silikon, oksigen, dan aluminium adalah unsur yang  paling banyak menyusun kerak bumi. Lempung terbentuk dari proses pelapukan batuan  silika oleh asam karbonat dan sebagian dihasilkan dari aktivitas panas bumi.


2. Istilah keramik berasal dari Yunani yaitu KERAMOS yang artinya tanah liat yang  dibakar.Kenyataan demikian, bahwa semua barang yang disebut barang keramik sudah  pasti terbuat dari bahan baku yang berupa tanah liat.Tanah liat yang kita kenal memiliki fungsi  sebagai bahan untuk membuat keramik atau persolen sebagai hiasan rumah tangga. Tapi tahukah  anda jika fungsi dari tanah liat tidak hanya sebagai hiasan rumah saja?
3.Tanah liat yang kita kenal sebagai hiasan ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh  dan  kecantikan kulit. Tanah liat memiliki 67 mineral yang berguna untuk tubuh kita. Dari ke  67 mineral  tersebut diantaranya, magnesium, zat besi, kalsium, mangan, silica, potasium,  dan elemen-elemen  trace lainya.
 Tanah liat bisa berfungsi sebagai obat sakit perut, karena
Tanah liat memiliki zat seperti sponge yang berfungsi menyerap racun dalam tubuh. Tanah liat juga dapat meringankan rasa sakit pada luka, karena sifat tanah liat yang adem dan memiliki kandungan zink dan zat besi yang dapat membantu penyembuhan luka.
 Selain itu tanah liat juga dapat berfungsi untuk kecantikan, tanah liat dapat mengencangkan kulit dan menghaluskan kulit, yang dapat anda gunakan sebagai masker. Tanah liat juga dapat menyerap racun-racun di dalam tubuh kita seperti bakteri, zat logam berbahaya yang berfungsi sebagai detox dalam tubuh.
4. Contoh Kerajinan yang dibuat dari tanah liat 
  • Piring
  • Kendi
  • Tempayan
  • Anglo
  • Kuali
  • Celengan
  • Pot
  • Gerabah hiasan
Pembuatan Kerajinan tersebut melewati 6 Tahap yaitu:
  1. Pengambilan
  2. Persiapan
  3. Proses Pembentukan
  4. Penjemuran
  5. Pembakaran 
  6. Penyempurnaan

No comments:

Post a Comment